Jumat, 20 Mei 2011

Tips Menjaga Bayi&Anak

sore itu seperti biasanya, aku yang lagi di rumah
tak pernah sepi rasanya, selalu dipenuhi anak-anak kecil
pas aku masak, kakak ku (Baca: Mbak ku) tau2 udah gendong si Farel
anak tetangga yg umurnya sekitar 1tahun 2 bulan 19 hari.

  belum lagi, Alda (umur 5 tahun)
anak tetangga sebelah, udah keluar masuk rumahku nanya inilah itulah, ngajak main ini itu dan sebagainya
untungnya si Alan ga ikut-ikutan. Bayi umur 6 bulan itu, masih tidur pules di rumahnya (pertanyaannya, kog aku bisa tau kalo alan lagi tidur. Iya lah, aku abis ngintipin dia,rumahnya aja pas di depan rumahku)
sebenernya aku seneng sih, rumah jadi rame tapi kalo mereka bikin ribet dan malah nagis kan bisa gawat tuh
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, nih ada sedikit tips buat kalian yang lagi jagain anak-anak dan atau bayi:

1. Pinter-pinter Cariin Mainan
kalo masalah ini sih gampang aja, tinggal taruh aja mereka di lantai, jangan di atas tempat tidur, di atas kursi atau di atas genteng. Kalo jatuh mahh, bahaya...
terus???jangan terus-terus mulu, udah mentok ntar nabrak loh...hehehe
terus taruh mainan yang mereka suka&tinggal aja mereka di situ. Ini khusus buat anak seumur alda dan farel. Mereka berdua udah bisa mainan sendiri, cukup diawasi aja dari jauh
Ini tidak berlaku buat alan, bisa2 pas kita udah tinggal sebentar, tuh bayi udah nangis histeris...yahh masih untung kalo cuman nangis, kalo udah ga bernyawa...
makanya...jangan sekali-sekali deh

2. Ngajakin Ciluk...ba
biasanya farel ataupun alan, suka banget sama clukba. aku juga belum bisa menemukan alasannya, padahal aku udah muter kepala, memasang mata (sampe melotot) dan memutar otak (yg kanan udh tak pindah ke kiri) tapi hasilnya masih nol
yang aku tau, mereka suka banget diajakin cilukba. suka ketawa lebar, bahkan sampe terpingkal-pingkal.
heran deh..apa dulu pas aku kecil kayak gitu juga. menurut mamaku sih iya dan semua anak atau bayi yang aku ajakin cilukba selalu aja ketawa
termasuk tadi, pas aku nebus obat di apotik, ada anak kecil yang tersenyum malu-malu saat aku ngeliatin dia sambil aku bilang cilukba...
intinya..cilukba punya kekuatan yang bisa bikin anak atau bayi jadi bahagia
hidup cilukba...yyyyiiipii

3.Menggendong
tak gendong...kemana-mana...(jadi inget lagunya mbah surip)hahaha
nah...ini nih caranya kalo mereka lagi rewel dan udah mulai nangis
cara jitu agar mereka diem adalah digendong
urusan gendong-menggendong sebenernya gampang-gampang susah
ada anak2 yang kadang digendong malah tambah kenceng nangisnya (entah mereka tau, yg gendong belum mandi alias bau atau mukanya jelek, jd merasa takut) tapi ada pula yang digendong langsung diem, mungkin yang gendong cantik dan wangi (kayak aku)hehehe (contohnya farel sama alan)....nih liat aja

seperti tadi sore tuh
kakakku (baca=mbak ku) lagi mandi, aku yang tumben-tumbenan udah mandi itu, dapet tugas jagain farel di depan rumah
untung si farelnya ga lagi rewel, jadi gampang aja...tinggal ngasih dia jajan trus ditemenin disebelahnya
tapi aku denger tau-tau si Alan nangis, jangan ditanya deh...suaranya kenceng banget (mungkin karena rumah kita yg jaraknya 5 langkah), jadi terpaksa aku samperin
buru-buru aku gendong farel (ga mungkin kalo dia tak ajakin jalan, pasti nyampenya lama banget...2 jam.an kali), langsung aku datengin alan
ternyata eh ternyata, ibunya lagi mandi dan dia cuma dijaga sama ila (yg ga ngerti caranya nenangin tuh bayi)
kasian ngliatnya...trus aku angkat dan aku gendong
ajaib...dianya langsung diem (hooooreeeee prok prok prok)
trus aku ajakin keluar buat jalan-jalan
aduuhh....tapi aku lupa, farel masih ketinggalan di belakang
"sini-sini sayang" aku bilang gitu. akhirnya dia mengekor aku dibelakang sambil berjalan tanpa alas kaki (sendalnya ketinggalan di rumahku)
tapi namanya aja anak kecil yang baru-baru aja bisa jalan, dianya terseret-seret di belakang sampe jatuh pula
aduhhh...ribet deh ahh, mana kakak ku belum selesai mandi pula
terpaksa aku biarin dia mengekor di belakang (malah kejar-kejaran sama ayam jago tetangga)hihihihi yang penting kedua momonganku itu ga nagis deh
dan memang usahaku berhasil, buktinya alan juga diem dalam gendonganku dan farel malah asyik kejar-kejaran sama ayam tetangga

yaappp...itu tiga tips yang aku buat setelah mencermati dan mempelajari dengan teliti
semoga dapat bermanfaat deh..

2 komentar:

terima kasih sudah komentar...